Ada beberapa amalan yang dapat dikerjakan umat Islam sebelum Idul Adha. Salah satunya melaksanakan puasa sunnah pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah atau 10 hari sebelum Idul Adha. Mulai dari puasa pada 1 7 Dzulhijjah, puasa Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah, dan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah.

Landasan amalan puasa sunnah 10 hari sebelum Idul Adha merujuk dari riwayat hadits yang dikisahkan Hafsah bin Umar bin Khattab Ra. tentang amalan amalan yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah Saw. Setidaknya ada tiga puasa sunnah yang dilakukan sebelum Idul Adha. Puasa Dzulhijjah dilaksanakan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, tepatnya pada tanggal 1 7 Dzulhijjah.

Puasa Dzulhijjah yang dilakukan pada 1 7 Dzulhijjah memiliki sejumlah keutamaan yang berbeda beda, setiap harinya. Latihan Soal PTS/UTS Seni Musik Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Lengkap dengan Kunci Jawaban Latihan Soal PTS/UTS Seni Rupa Kelas 5 SD Semester 2 Tahun 2024 Lengkap dengan Kunci Jawaban

KUNCI JAWABAN Modul 3 Guru Menggeser Jari Tangan atau Alat Penunjuk di Bawah Setiap Kata yang Dibaca KalselPedia Hutan Kota Rantau Tapin Kalsel Banjarmasinpost.co.id KUNCI JAWABAN Post Test Modul 3, Kegiatan Membaca Nyaring Bertujuan untuk . . .

Seperti disampaikan Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang saat itu, Risnawati dikutip dari babel.kemenag.go.id. Setelah melaksanakan puasa Dzulhijjah, umat Islam dapat melanjutkan puasa Tarwiyah. Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada 8 Dzulhijjah dan disebut sebagai 'hari tarwiyah' waktu sehari sebelum 'hari wukuf'.

Keistimewaan puasa Tarwiyah adalah menghapus dosa yang dibuat tahun lalu. Dalam hadits lain juga disebutkan mengenai keutamaan puasa Tarwiyah. "Barangsiapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan, untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun." (HR. Ali Al Muairi, At Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas).

Setelah melakukan puasa Tarwiyah, kemudian dilanjutkan dengan puasa Arafah. Puasa Arafah dikerjakan pada hari ke 9 Dzulhijjah atau tepat sehari sebelum Idul Adha. Keutamaan puasa Arafah datang dalam hadits shahih, Rasulullah Saw bersabda:

"Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim). Lantas, kapan umat Islam bisa mulai mengerjakan puasa 10 hari sebelum Idul Adha? Bila merujuk pada kalender Hijriah Indonesia 2024 yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag), awal bulan Dzulhijjah 1445 H jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Dengan demikian, puasa Idul Adha 10 hari mulai dilakukan pada Sabtu, 8 Juni 2024 hingga Minggu, 16 Juni 2024. Demikian informasi mengenai bacaan niat puasa Idul Adha 10 hari dan jadwal puasa 1 7 Dzulhijjah, puasa Tarwiyah, hingga puasa Arafah. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *